Profil Negara Filipina

Posted by DUNIA ARTIKEL

Profil Negara Filipina

Profil Negara Filipina
BENDERA FILIPINA
Negara filipina ditemukan oleh Ferdinand Magellan pada tahun 1521dengan menganut sistem pemerintahan demokrasi dengan presiden sebagai kepala negara. Dan 2 bahasa resmi, yaitu bahasa Filipina dan Inggris. Dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang profil Negara Filipina dimana Negara ini masih ter,masuk Negara tetangga kita dan termasuk dalam lingkaran anggota Asean

Berikut Profil Negara ini

Filipina adalah salah satu koloni Eropa pertama di Asia dan karena itulah telah dipengaruhi oleh budaya Asia dan Barat selama hampir 500 tahun. Wilayah di Asia Tenggara ini diakuisisi pada tahun 1500-an oleh Spanyol. Orang-orang Spanyol membawa tradisi Eropa dan agama Kristen. Setelah kekalahan Spanyol dalam Perang Spanyol-Amerika pada tahun 1898, Filipina diserahkan ke Amerika Serikat, yang dikelolanya selama 48 tahun. Orang-orang Filipina memperoleh kemerdekaan mereka pada 4 Juli 1946.
Penduduk
Kebanyakan warga Filipina adalah orang Melayu-Polinesia dan berhubungan erat dengan orang-orang dari Malaysia dan Indonesia. Etnis China membentuk kelompok minoritas kecil. Filipina memiliki salah satu tingkat pertumbuhan penduduk tertinggi di Asia. Sekitar setengah penduduknya hidup di Luzon, pulau terbesar. Sekitar 70 persen tinggal di daerah pedesaan, meskipun dalam beberapa tahun terakhir banyak orang telah pindah ke kota-kota, terutama ke daerah metropolitan besar Metro-Manila, ibukota Filipina, di Luzon.

Agama

Filipina adalah satu-satunya negara di Asia dengan jumlah penduduk mayoritas Kristen. Lebih dari 80 persen warga Filipina beragama Katolik Roma. Sekitar 9 persen adalah pemeluk Protestan. Ada juga minoritas Muslim kecil. Sejumlah gereja Kristen lokal telah terbentuk, termasuk Gereja Independen Filipina (Aglipayan), didirikan pada tahun 1902, dan Gereja Kristus (Iglesia ni Cristo), yang didirikan pada tahun 1914.
Orang Filipina yang tinggal di pulau-pulau paling selatan telah memeluk Islam beberapa abad sebelum kedatangan orang-orang Spanyol. Hari ini Muslim Filipina, kadang-kadang disebut Moro oleh orang Kristen, membentuk sekitar 5 persen dari populasi. Sebagian besar tinggal di Mindanao selatan dan Kepulauan Sulu. Kebebasan beragama dan pemisahan gereja dengan negara dijamin untuk semua orang oleh konstitusi Filipina.

Pendidikan

Filipina memiliki salah satu tingkat melek huruf tertinggi di Asia. Sekitar 95 persen dari penduduknya mampu membaca dan menulis. Pendidikan umum terdiri atas empat tahun sekolah dasar, dua tahun sekolah menengah, dan empat tahun sekolah tinggi. Sekolah sifatnya wajib di empat tingkat pertama. Bahasa Filipina adalah bahasa yang dipakai di sekolah dasar. Bahasa Inggris juga diajarkan dan digunakan secara luas, tetapi kekhawatiran tentang penurunan kefasihan dalam bahasa Inggris telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir.
Dan untuk lebih lengkapnya klik tautan di bawah ini

Negara Filipina

ATAU ANDA JUGA INGIN MEMBACA 

FROPIL NEGARA SINGAPURA

Related Post



Posting Komentar

BERKOMENTAR YANG BIJAK KAMI TUNGGU DI SINI TRIMA KASIH