Pengertian Makalah dan Cara Membuatnya

Posted by DUNIA ARTIKEL

Pengertian Makalah dan Cara Membuatnya


Pengertian Makalah
Makalah adalah  sebuah karya tulis ilmiah mengenai suatu topik tertentu yang tercakup dalam ruang lingkup pengetahuan.
dan menurut pendapat lain makalah ialah Karya tulis pelajar atau mahasiswa sebagai laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah atau  perguruan tinggi;
Makalah biasanya dibagi menjadi dua jenis, yang pertama ialah makalah biasa atau di sebut (common paper) dan yang ke dua makalah posisi (position paper).
Sedangkan untuk Pengertian makalah biasa, yaitu makalah yang dibuat untuk menunjukkan pemahamannya terhadap permasalahan yang dibahas. Dalam pembahasannya  makalah ini, secara deskriptif dikemukakan berbagai pandangan tentang masalah yang sedang  dikaji dalam makalah. Dan dalam penulisannya Penulis juga memberikan pendapat, baik itu kritik atau saran,., dalam makalah biasa penulis tidak perlu berargumentasi dalam mempertahankan pendapatnya.

 pengertian yang kedua yaitu  makalah posisi (position paper) yaitu sebuah  makalah yang dibuat untuk menunjukkan posisi teoritiknya dalam suatu kajian. Dan untuk makalah si penilis harus  menguasai penguasaan pengetahuan tertentu, serta  dipersyaratkan untuk menunjukkan di pihak mana saja si penulis berdiri beserta alasannya yang didukung oleh teori-teori atau data yang relevan. Untuk membuat makalah posisi, dalam penyusunan makalah ini penulis harus mempelajari tidak hanya satu sumber tapi dari banyak sumber yang pandangannya berbeda atau bahkan yang sangat bertentangan.dengan pandangan penulis itu sendiri .
dan di bawah ini tentang cara membuat makalah


  Sistematika atau  Susunan Makalah yang Baik

Untuk penulisan makalah biasa maupun makalah posisi terdiri atas:

    Judul  Nama yang dipakai untuk buku, skripsi, makalah atau bab yang di dalamnya dapat menyiratkan secara pendek isi atau  maksud
    Pendahuluan  Pada bagian ini dikemukakan persoalan yang akan dibahas (latar belakang masalah, masalah, prosedur pemecahan masalah dan sistematika uraian;
    Isi  Mendemonstrasikan kemampuannya dalam menjawab masalah yang diajukan. Bagian ini boleh saja terdiri atas lebih dari satu bagian;
    Kesimpulan  Bagian ini merupakan kesimpulan Kesimpulan adalah makna yang diberikan penulis terhadap hasil diskusi/uraian yang telah dibuatnya pada bagian isi. Dalam mengambil kesimpulan tersebut,  penulis makalah harus mengacu kembali ke permasalahan yang diajukan dalam bagian pendahuluan.

Di samping itu sebuah makalah hendaknya dilengkapi juga dengan:

  1. Kata Pengantar Makalah dan untuk contoh  kata pengantar klik sini
  2. Daftar isi Makalah
  3. Daftar Pustaka; Daftar Pustaka merupakan catatan semua sumber atau referensi yang dipergunakan dalam penulisan sebuah makalah.
  4. Lampiran; Lampiran yaitu berisi hal-hal yang sifatnya pelengkap yang dipakai dalam proses atau penulisan makalah. Seperti data yang berupa angka, grafik, atau deskripsi verbal yang dianggap sangat penting. Dan bagian ini tidak dimasukkan dalam batang tubuh makalah.
 Untuk lebih ringkanya dalam pembuatan makalah lihat sebagai berikut
1. Judul atau Jilid
  •  Judul makalah yang sobat buat
  • Nama sobat dan Nim Mahasiswa
  • Tempat sekolah sobat
  • Tahun makalah di buat
2.Lembar Pengesahan dari Dosen
3.Kata Pengantar makalah
4.Daftar isi makalah
5.Daftar Gambar yang digunakan
6.Daftar Tabel yang dimuat
7.Tubuh atau isi Makalah

    Pendahuluan : Terbagi menjadi 3 Sub Bab yaitu Latar belakang Makalah, Ruang lingkup Pembahasan, Maksud dan tujuan penulisan makalah.
  •  Pembahasan
  • Penutup : Kesimpulan dan Saran Penulis
  • Daftar Referensi / Pustaka
  • Lampiran-Lampiran

Format dalam Membuat Makalah

  •  Kertas HVS dengan ukuran : A4 80 gram
  • Sampul : Kertas Buffalo warna Kuning atau bisa juga yang lain
  •  Font/nama hurup : Times New Roman
  • Size atau ukuran hurup : 12
  • Spasi : Doble (2 spasi) atau bias juga 1.5
  •  Margin : Atas : 4 cm, Kiri : 4 cm, Bawah : 3 cm, Kanan : 3 cm
  • Makalah ditulis biasanya  minimal 12 atau 15 halaman 









Related Post



Posting Komentar

BERKOMENTAR YANG BIJAK KAMI TUNGGU DI SINI TRIMA KASIH