Pengertian Negara Dan Fungsi Negara

Posted by DUNIA ARTIKEL

Negara

 
dunia artikel

Kata Negara tentu bukan sesuatu yang asing di telinga kita karena sudah di pastikan setiap manusia di jaman sekarang pasti memiliki Negara anpa terkecuali namun apa kita tahu arti dari Negara itu sendiri nah dalam artikel kali ini aya akan menulis tentang Pengertian Negara Dan Fungsi Negara
Dan berikut penjelasannya 

 

Pengertian Negara

Secara etimologis, Negara berasal dari kata Staat ( Jerman, Belanda) atau State ( Inggris) . Kata State ataupun staat ini berakar dari bahasa latin yaitu status atau satum yang artinya menempatkan.
Negara adalah suatu daerah atau wilayah yang ada di permukaan bumi di mana terdapat pemerintahan yang mengatur ekonomi, politik, sosial, budaya, pertahanan keamanan, dan lain sebagainya. Di dalam suatu negara minimal terdapat unsur-unsur negara seperti rakyat, wilayah, pemerintah yang berdaulat serta pengakuan dari negara lain.

Pengertian Negara Berdasarkan Pendapat Para Ahli :

  • Meriam Budiarjo Negara adalah suatu teritorial yang rakyatnya diperintah oleh sejumlah pejabat yang berhasil menuntut warganya untuk taat kepada peraturan perundang-undang melalui penguasaan menmopolistis dari kekuasaan yang sah.
  • Prof. R. Djokosoetono : Negara adalah suatu organisasi manusia atau kumpulan manusia yang berada di bawah suatu pemerintahan yang sama
  • Roger F. Soltau : Negara adalah alat atau wewenang yang mengatur atau mengendalikan persoalan bersama atas nama masyarakat.
  • Georg Jellinek : Negara merupakan organisasi kekuasaan dari kelompok manusia yang telah berdiam di suatu wilayah tertentu.
  • Hugo de Groot ( Grotius )Negara adalah merupakan ikatan-ikatan manusia insaf akan arti dan panggilan kodrat.

Negara merupakan suatu organisasi dari rakyat negara tersebut untuk mencapai tujuan bersama dalam sebuah konstitusi yang dijunjung tinggi oleh warga negara tersebut. Indonesia memiliki Undang-Undang Dasar 1945 yang menjadi cita-cita bangsa secara bersama-sama.

Fungsi-Fungsi Negara :

  1. Mensejahterakan serta memakmurkan rakyat Negara yang sukses dan maju adalah negara yang bisa membuat masyarakat bahagia secara umum dari sisi ekonomi dan sosial kemasyarakatan.
  2. Melaksanakan ketertiban Untuk menciptakan suasana dan lingkungan yang kondusif dan damani diperlukan pemeliharaan ketertiban umum yang didukung penuh oleh masyarakat.
  3. Pertahanan dan keamanan Negara harus bisa memberi rasa aman serta menjaga dari segala macam gangguan dan ancaman yang datang dari dalam maupun dari luar.
  4. Menegakkan keadilan Negara membentuk lembaga-lembaga peradilan sebagai tempat warganya meminta keadilan di segala bidang kehidupan.
Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan dalam artikel kali ini tentang  Pengertian Negara Dan Fungsi Negara anamun apabila ada kesalahan informasi dari uraian diatas silahkan berkomentar di bawah guna perbaikan artikel ini terima kasih
Diambil dari beberapa sumber


Related Post



Posting Komentar

BERKOMENTAR YANG BIJAK KAMI TUNGGU DI SINI TRIMA KASIH